Bolehkah Bayi Minum Susu Campur Buah?

By | March 27, 2014

Tanya: Bayi saya (10 bulan) agak susah minum susu. Berat badannya saat ini 6,8 kg  dan tinggi 65 cm  Dia tampak kurus. Apakah boleh saya tambahkan buah ke dalam susu atau bubur susunya?

Jawab: Untuk pertumbuhan dan perkembangannya, dalam sehari anak usia 10 bulan harus diberi: 3 x nasi tim, 1 x bubur susu, 1 x buah, 1 x kuning telur matang, dan ASI diberikan sekehendak atau 3 x pengganti ASI (3 x 225 ml). Bila sekarang si kecil tidak mau minum susu formulanya, coba konsultasikan dokter. Mungkin susunya perlu diganti.

Bila ingin menambahkan buah pada susu boleh saja, tapi hati-hati jangan sampai tidak habis dan terbuang bersama buahnya. Ini mengingat buah mengandung serat sehingga anak cepat kenyang. Atau, Ibu kurangi cairannya supaya volumenya tidak besar.
Buah bisa dijadikan penambah variasi rasa pada bubur susu. Pilih yang rasanya manis dan campurkan dalam bentuk sari buah atau bubur.

Saat ini berat badan anak Ibu memang masih kurang. Dari rumus berat badan bayi 0–12 bulan, yakni (N+9) dibagi 2 dimana N adalah umur dalam bulan, maka berat normal bayi usia 10 bulan adalah 9,5 kg. Ada kemungkinan porsi susunya kurang. Apakah anak Ibu tidak diberi ASI?

ASI eksklusif harus diberikan pada bayi sejak lahir sampai usia 6 bulan karena zat gizi yang dibutuhkan bayi ada di dalamnya. Setelah 6 bulan, ASI tetap diberikan tetapi perlu ditambah makanan pendamping ASI (MP-ASI), seperti sari buah, bubur susu dan nasi tim. Untuk permulaan, berikan dalam bentuk saring dan dengan bertambahnya umur bisa diberi bentuk cincang.

Sumber: www.ayahbunda.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *