Bagaimana Harus Memberikan Buah Pada Bayi atau Balita

By | March 27, 2014

5 Pertanyaan Bunda Tentang Buah

Jika Anda bingung bagaimana harus memberikan buah pada bayi atau balita Anda, coba intip dulu beberapa pertanyaan seputar buah pada anak ini. Siapa tahu, pertanyaan Anda terjawab! Pastinya, buah baik untuk kesehatan anak Anda.

Berapa porsi buah bagi balita dalam sehari?
Satu sampai dua porsi sangat baik bagi kesehatan Anda dan keluarga. Biasakan balita menyantap aneka jenis buah sejak bayi, agar kelak terbiasa menyantap buah –segar atau olahan— dalam menu sehari-harinya. Tanamkan selalu segala kebaikan buah dan kebiasaan mengonsumsi buah pada anak-anak.

Benarkah bayi tidak boleh mengonsumsi buah yang asam?
Bagi bayi yang baru belajar mengecap rasa, buah-buahan seperti nanas atau anggur yang memiliki rasa asam lebih tajam akan terasa tidak enak dan “menusuk” perut. Jadi, biarkan bayi membiasakan indera pengecapnya pada aneka rasa secara perlahan dan bertahap. Misalnya, dengan mencampur sedikit jeruk manis dengan buah lain.

Adakah pantangan mencampur aneka buah?
Tidak. Silakan mengombinasikan buah yang satu dengan lainnya. Namun, hati-hati mencampur buah dengan produk olahan gandum, karena mengandung zat gluten. Beberapa bayi belum bisa menyerap zat protein yang terdapat pada berbagai jenis gandum ini.

Buah apa yang cocok untuk bayi?
Yang terbaik, mulailah dengan memberikan makanan yang cair atau semi cair di usia 6 bulan (usai masa ASI eksklusif), seperti sari buah atau bubur buah yang disaring. Jika bayi Anda bisa mencerna makanan cair ini dengan baik, berikutnya mulai berikan makanan yang agak kental. Pilih buah yang rasanya agak hambar, seperti pisang, pir, persik atau melon. Jika bayi Anda bisa mencerna makanan kental ini dengan baik, selanjutnya bisa mulai mencampur berbagai macam buah, dengan atau tanpa dihaluskan.

Bagaimana jika anak saya hanya mau makan satu jenis buah saja?
Anak-anak harus mengonsumsi berbagai jenis buah, agar belajar mengenal  berbagai rasa. Mengonsumsi buah yang itu-itu saja akan menimbulkan kebosanan dan hanya mendapat manfaat buah yang itu-itu saja. Anda bisa menciptakan paduan rasa buah-buahan yang lebih enak, seperti persik dengan mangga atau apel, pisang dengan stroberi atau jeruk manis, serta kiwi dengan pir.

Sumber: www.ayahbunda.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *